July 6, 2022

CUAN365BLOG

Portal Berita Sepak Bola Indonesia Terbaik, Situs Berita Seputar Bola Terbesar 2022, Situs Berita Bola Terupdate di Indonesia, Situs Berita Seputar Bola Paling Akurat

5 Pelajaran dari Kemenangan Barcelona: De Jong Jago Tandang, Untung Ada Ter Stegen

2 min read
mallorca-vs-barcelon_6bd1e2c

CUAN365 – Barcelona menaklukkan Real Mallorca dengan skor tipis 1-0 dalam duel pekan ke-19 La Liga 2021/22, Senin (3/1/2022). Pertandingan di Mallorca Estadi tidak berjalan mudah bagi Blaugrana.

Gol tunggal Barca di laga ini datang dari aksi Luuk de Jong di ujung babak pertama (44′). Blaugrana bermain dominan, tapi tidak benar-benar menciptakan peluang yang mengancam lawan.

Mallorca, di sisi lain, mendapatkan lebih banyak peluang matang. Mereka mencoba melawan di babak kedua, hanya tidak maksimal dalam final pass dan finishing.

Kemenangan kali ini diraih susah payah oleh skuad Xavi. Barcelona sedang tidak dalam kondisi ideal, mereka harus berjuang ekstra untuk mempertahankan keunggulan.

Oleh sebab itu, pertandingan ini menyisakan setidaknya 5 pelajaran penting. Apa saja? Scroll ke bawah yuk Bolaneters!

Starting XI termuda

 

Barcelona kehilangan banyak pemain dalam pertandingan ini. Ada pemain yang kena cedera, ada pula yang harus absen karena Covid-19.

Akibatnya, Xavi harus menurunkan pemain-pemain muda yang ada. Kali ini Barca turun dengan rata-rata usia skuad 24 tahun 201 hari.

Menurut Opta, ini adalah tim termuda ketiga Barca dalam 15 tahun terakhir. Ada beberapa pemain muda yagn tampak menjanjikan, ada pula yang masih butuh kesempatan lebih.

Menang susah payah
Skuad muda yang diturunkan Xavi tentu membawa risiko besar. Barca tidak bermain sebaik biasanya, bahkan terbilang beruntung bisa menang.

Di laga ini Barca terpaksa memainkan bola-bola panjang. Terbukti, gol Luuk de Jong datang dari umpan silang Mingueza ke kotak penalti.

Setelah gol tersebut Barca tidak benar-benar mengunci pertandingan. Mereka tidak isa mencetak gol kedua dan membiarkan Mallorca melawan.

De Jong jago tandang
De Jong jarang mendapatkan kesempatan bermain di Barca musim ini. Namun, ketika tim membutuhkannya, dia selalu ada untuk membantu.

Gol De Jong ke gawang Mallorca ini jadi catatan istimewa bagi dirinya pribadi. Sejak musim 2019/12, dari total 12 gol, 9 gol De Jong tercipta di laga tandang.

Striker Belanda menunjukkan keistimewaannya seagai pemain yang bisa mencetak gol penentu di laga penting.

 

Untung ada Ter Stegen

Gol Luuk de Jong jadi pembeda, tapi pemain lain dengan kontribusi luar biasa adalah Marc-Andre Ter Stegen. Kiper Jerman ini lagi-lagi berperan besar dalam kemenangan tim.

Ter Stegen membuat total tiga penyelamatan krusial, termasuk untuk satu peluang emas Mallorca di 10 menit akhir pertandingan. Dia juga berulang kali memotong arah bola.

Di akhir laga para pemain Barca mendatangi dan memeluk Ter Stegen, bukti betapa pentingnya penyelamatan sang kiper.

Banyak PR untuk Xavi
Barca cukup beruntung bisa memenangi pertandingan kali ini. Statistik pun membuktikan bahwa mereka tidak benar-benar mendominasi pertandingan.

Kal ini keputusan Xavi mengandalkan pemain-pemain muda mungkin tepat. Namun, terlihat jelas Barca tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk laga-laga berikutnya.

Xavi punya banyak PR untuk mengembalikan Barca ke level top dan bersaing untuk gelar juara.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.