July 6, 2022

CUAN365BLOG

Portal Berita Sepak Bola Indonesia Terbaik, Situs Berita Seputar Bola Terbesar 2022, Situs Berita Bola Terupdate di Indonesia, Situs Berita Seputar Bola Paling Akurat

Skenario dan Calon Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF: Imbang Lawan Malaysia, Jumpa Thailand!

3 min read
timnas-indonesia-03-_df01b8e

Cuan365 – Timnas Indonesia merayakan golnya ke gawang Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI
Bola.net – Tiga tim masih bersaing pada matchday terakhir Grup B untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020. Lantas, bagaimana skenario lolos ke babak semifinal untuk Timnas Indonesia?Kini, Indonesia memimpin klasemen Grup B Piala AFF dengan tujuh poin. Tim racikan Shin Tae-yong unggul selisih gol dari Vietnam yang juga memiliki tujuh poin. Sementara, Malaysia ada di posisi ketiga dengan enam poin.

Pada laga terakhir Grup B yang akan digelar Minggu (19/12/2021), Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia. Sementara itu, Vietnam akan berhadapan dengan Kamboja yang sudah tidak punya peluang lagi untuk lolos ke semifinal.

Hanya dua tim terbaik di grup yang lolos. Ini berarti salah satu dari tiga tim akan didiskualifikasi. Lantas, bagaimana skenario lolos ke semifinal Timnas Indonesia? Lihat di bawah ini, Bolaneters.

Menang Lawan Malaysia

timnas-indonesia_87f0d09
Indonesia akan melaju ke semifinal, dan berpeluang menjadi juara grup jika mengalahkan Malaysia. Kemenangan akan membuat Indonesia membuka pintu ke Malaysia dari Piala AFC.

Status grup pemenang, jika Vietnam mengalahkan Kamboja, akan ditentukan berdasarkan selisih gol. Pertandingan Indonesia-Vietnam berakhir imbang, dan Indonesia saat ini memimpin dengan satu gol.

Jika mereka memenangkan set tersebut, Ivan Dimas dan rekan setimnya dari Thailand akan dihindari di semifinal. Indonesia akan bertemu Singapura yang menempati posisi kedua Grup B.

Imbang Lawan Malaysia

witan-sulaeman-piala_4375864

Imbang melawan Malaysia adalah target minimal yang perlu dicapai Indonesia jika ingin lolos ke semifinal. Sebab, jika bermain imbang, maka poin Indonesia akan menjadi delapan dan lolos ke semifinal.

Indonesia akan unggul dua poin dari Malaysia. Indonesia akan lolos sebagai runner-up Grup B, dengan asumsi Vietnam menang atas Kamboja berapa pun selisih golnya. Poin Vietnam akan menjadi 10.

Sebagai runner-up Grup B, Indonesia akan berjumpa juara Grup A yakni Thailand. Ini bakal menjadi undian yang sulit. Thailand selalu menang pada empat laga fase grup. Tim Gajah Perang tampak sangat kuat di Piala AFF 2020.

Kalah Lawan Malaysia

safawi-rasid_b5760b1
Ini adalah skenario terburuk yang mungkin dihadapi tim nasional Indonesia di Piala AFC. Karena jika Indonesia kalah dari Malaysia, peluang lolos ke semifinal ada di tangan Vietnam.

Jika Indonesia kalah, poin yang didapat akan tetap tujuh poin. Sementara itu, Malaysia akan merebut sembilan poin dan lolos ke semifinal.

Indonesia berpeluang lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B jika Vietnam kalah dari Kamboja. Namun, ini juga tergantung pada selisih gol akhir antara kedua tim. Situasinya sangat sulit jika Indonesia kalah dari Malaysia.

Dengan Indonesia lolos ke semifinal meski kalah dari Malaysia, Indonesia akan menjadi runner-up. Indonesia akan bertemu Thailand di semifinal.

Regulasi Klasemen Piala AFF
Peringkat di setiap grup akan ditentukan sebagai berikut:

1. Perolehan poin yang lebih banyak diperoleh di semua pertandingan grup.
2. Selisih gol di semua pertandingan grup.
3. Jumlah gol yang dicetak lebih banyak di semua pertandingan grup atau agresivitas gol.

Jika dua atau lebih tim sama berdasarkan tiga kriteria di atas, klasemen akhir akan ditentukan sebagai berikut:

1. Hasil pertandingan langsung antara tim yang bersangkutan atau head to head.
2. Adu penalti jika hanya tim yang seri, dan mereka bertemu di babak terakhir grup.
3. Pengundian oleh Panitia Penyelenggara (Organising Committee).

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.